Cara Dapat Uang dari Blog



Ceritanya nih waktu hari minggu kemaren aku ikutan lagi kelas yang diadain sama Blogger Bengkulu (BoBe) di BFC Taman Berkas. Kalau di kelas yang pertama aku udah dapat template premium dari bobe, di kelas kali ini aku dapat info yang pastinya sangat bermanfaat juga. Kelas kali ini ngebahas tiga tema, yaitu soal cara dapat uang dari blog, cara buat blog, dan sekilas info dari bnn soal isu yang lagi hangat-hangatnya terjadi saat ini. Nah tema yang pertama soal cara dapetin uang dari blog banyak diminati nih pastinya :p

Untuk materi yang pertama langsung disampaikan oleh Intan novriza pemilik blog inokari.com dan ketimpukbuku.com yang sehari-harinya juga bekerja sebagai penyiar radio. Intan ini udah ngeblog dari tahun 2012. Awalnya dia ngeblog cuma buat hobi aja sambil diselingin ikut giveaway yang sering juga diadain blog-blog lain. Baru pada tahun 2014 dia dapat job pertamanya dari hasil ngeblog. Waktu itu dia dapat tawaran langsung lho dari brand fashion Indonesia yang mau produknya direview. Dari sana baru deh dia tahu kalo sebetulnya kita itu bisa dapat imbalan juga dari blog. 

Blogger Inokari

Menurut pemilik blog inokari ini ada dua jenis job nih yang biasanya didapat para blogger :
  1. Job review, biasanya blogger diminta untuk menulis artikel yang bertujuan untuk mempromosikan brand tersebut.
  2. Content placement, ini biasanya materinya udah disediakan, kita tinggal copy paste aja. Jadi wajar ya bayarannya juga lebih kecil kalo dibandingkan dengan job review yang mewajibkan kita merangkai kata-kata sendiri.

Sama kayak di dunia nyata untuk dapat job di dunia maya ini kalian juga harus pinter-pinter nih nyari info dan membangun networking. Info job ini bisa kita dapat dari berbagai cara seperti searching lewat google, forum, social media atau kalian bisa juga dapat info job dari komunitas blogger. Komunitas blogger itu sangat penting ya, biasanya banyak info job dan tips-tips yang bisa kalian dapatkan dari komunitas blogger seperti komunitas bobe ^^ Kalau kalian rajin ngikutin acara-acara yang diadain komunitas bisa jadi juga komunitas blogger itu malah langsung merekomendasikan blog kalian tapi dengan catatan syarat yang diberikan klien cocok nih sama blog kalian. Bisa jadi juga sih sama kayak ka intan kalian malah langsung dihubungi oleh klien yang tertarik sama blog kalian. Disini kontak sangat berperan penting ya jadi jangan lupa cantumin email atau kontak nomor WA kamu yang bisa dihubungi.

Meskipun kalian udah dapat info job biasanya sih belum tentu kalian bisa terpilih untuk ngerjain job tersebut atau malah kalian udah tereliminasi sebelum bisa daftar :v Biasanya klien juga punya syarat-syarat dong untuk dapat job review ini. Kalo nggak memenuhi syarat jangan harap deh kalian terpilih untuk job tersebut karena saingan kalian juga nggak kalah banyak yaa.

Ada beberapa syarat yang biasanya harus dipenuhi :
  1. Domain harus pribadi, misal yang ekstensinya .com, co.id de el el, jadi nggak gratisan kayak domain blogspot.com
  2. Tema blog harus sesuai dengan yang dibutuhkan
  3. Skor DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) biasanya standarnya minimal 20. Skor DA dan PA blog kalian bisa kalian cek di beberapa website seperti di website checkmoz.com. Skor ini bisa kita tingkatkan lewat beberapa cara ya seperti kita harus rutin posting, blogwalking, backlink, dan sering share postingan kita ke akun sosmed. DA & PA ini skornya bisa naik bisa juga turun, link sebaiknya jangan lebih dari 2 dan komen jangan kasih link hidup ya soalnya bisa buat DA & PA berkurang.
  4. Follower akun sosmed harus banyak. Ada banyak juga nih yang mencantumkan syarat blogger harus memiliki banyak follower di akun sosmed seperti instagram, facebook, atau twitter. Biasanya syarat followersnya sebanyak 1000 followers keatas ya.

Info Penting dari BNN

Selain master-master blogger kelas BoBe kali ini juga kedatangan anggota BNN (Badan Narkotika Nasional) bapak Nuche Marlianto. Beliau ingin menginformasikan kejadian yang saat ini sedang heboh-hebohnya nih yaitu soal meminum air rebusan pembalut. Di Bengkulu sendiri sudah ada yang mencoba yaitu anak-anak jalanan. Menurut mereka meminum air tersebut akan memberikan efek "fly" seperti narkotika. Namun menurut BNN hal itu tidaklah benar dan hanya sugesti saja. Didalam pembalut itu sendiri terkandung klorin atau karbol yang sering digunakan sebagai alat disinfektan. Klorin ini sifatnya kalau dalam keadaan panas/hangat akan menimbulkan penyakit yaitu gangguan pernafasan bukannya efek "fly" seperti yang dikatakan para pecandu. 

Selain itu BNN juga menginformasikan bahwa saat ini terdapat 22 jenis liquid vape elektrik yang berbahaya. Didalam liquid tersebut terkandung psikotropika yang dapat menyerang sistem saraf pernafasan dan merusak paru-paru. Liquid yang berbahaya ini karena bentuknya cair jadi sulit dibedakan kalau hanya dilihat secara kasat mata. Jenis liquid yang berbahaya tersebut hanya bisa diketahui dari hasil pengecekan BPOM. Untuk lebih amannya sebaiknya kita beritahukan saja ke orang disekitar kita agar berhenti menggunakan vape elektrik. Lebih baik lagi kalau kita ajak untuk mereka untuk berhenti mengkonsumsi rokok ^^
Penyampaian info dari pihak BNN

 
Selain dapat ilmu di kelas BoBe kita juga dapat makanan  :D

 
Seperti biasa foto-foto dulu sebelum pulang


Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan #nulisserempak  dari kelas Blogger Bengkulu  tanggal 25 November 2018

0 komentar:

Posting Komentar