Yuk Wisata ke Museum !

Hmm sebentar lagi ada liburan panjang nih, kalau kalian masih bingung mau pergi ke mana nggak ada salahnya juga kalian isi liburan kalian dengan berwisata ke museum. Selama ini wisata memang identik dengan wisata alam, wisata kuliner ataupun wisata ke taman bermain tapi berwisata ke museum juga nggak kalah serunya lho ! 

Banyak hal-hal menarik yang kalian bisa temukan di museum. Kalian bisa melihat langsung  bukti-bukti sejarah yang selama ini hanya kalian lihat di buku pelajaran, benda-benda seni, ataupun benda-benda antik pada zaman dahulu. Jadi ke museum bisa kalian jadikan alternatif untuk dapat belajar. Selain itu biaya masuk ke museum juga nggak terlalu mahal kalau dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. 


Museum Benteng Vredeburg
Banyak museum di Indonesia yang bisa kalian kunjungi. Salah satunya adalah Museum Benteng Vredeburg. Museum ini terletak di jalan Margo Mulyo, Yogyakarta. Museum Benteng Vredeburg ini awalnya merupakan benteng yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1787. Baru pada tanggal 16 April 1985  Benteng Vredeburg berubah fungsi menjadi Museum sehingga dilakukan beberapa penyesuaian pada benteng tersebut, dan baru dapat dikunjungi oleh umum pada tahun 1987.

 Museum Benteng Vredeburg

Tidak seperti benteng lainnya dimana ruangannya biasanya tidak banyak terisi benda, di benteng ini karena sudah berubah fungsi menjadi museum maka diruangan-ruangannya terpajang banyak benda bersejarah seperti replika baju goni yang digunakan pada masa penjajahan Jepang serta replika kunci mortir dan batu yang digunakan PKI untuk membunuh dua pahlawan revolusi Brigjen Anumerta Katamso dan Kolonel Anumerta Sugiono pada G30S PKI di Yogyakarta.

 replika baju goni

replika alat pembunuhan yang digunakan oleh PKI pada G30S PKI

Menariknya di museum Benteng Vredeburg ini juga menampilkan diorama-diorama kisah penderitaan dan perjuangan rakyat Indonesia serta para pahlawan melawan para penjajah dan PKI. Di setiap diorama juga diberikan penjelasan mengenai diorama tersebut, jadi kalian nggak akan bingung ketika melihatnya. Kalau selama ini kita hanya bisa membaca kisahnya saja, dari diorama tersebut kita seperti bisa melihat langsung kejadian pada saat itu. Kalian seperti bisa merasakan beratnya penderitaan yang dialami masyarakat pada saat itu, dan semangat para pejuang untuk memperjuangkan kemerdekaan. Pokoknya kalian nggak akan rugi deh kalau berkunjung ke museum. Jadi yuk isi liburanmu dengan hal yang bermanfaat, ke museum nih salah satunya ^^

diorama peristiwa bersejarah


 diorama kerja paksa pada masa penjajahan Jepang

0 komentar:

Posting Komentar